Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Banner Adalah: Arti, Tujuan, Fungsi, dan Jenis-Jenis Banner

Konten [Tampil]

Pengertian Banner

Banner adalah
source : sanprinting.blogspot.com

Banner adalah bentuk iklan online yang menampilkan gambar atau animasi serta teks yang berisi informasi produk atau layanan yang ditawarkan. Banner sering digunakan pada situs web dan aplikasi mobile untuk mempromosikan produk atau layanan.

Banner sangat efektif digunakan karena mudah dikenali dan mudah diakses oleh audiens. Banner biasanya berukuran kecil dan ditempatkan pada bagian tertentu dari situs web, seperti halaman depan, bagian atas halaman, atau sisi kanan atau kiri halaman.

Banner memiliki beberapa tujuan, seperti untuk meningkatkan brand awareness, menarik perhatian audiens, mengarahkan traffic ke situs web, atau menjual produk atau layanan. Banner juga memiliki berbagai jenis, seperti banner standar, banner microbar, banner button, banner skyscraper, dan banner wide skyscraper, yang dapat dipilih sesuai dengan tujuan dan target audiens.

Dengan pengertian yang jelas dan berbagai manfaat, banner menjadi salah satu bentuk iklan online yang paling populer dan efektif. Perusahaan harus mempertimbangkan tujuan iklan, target audiens, dan konteks penempatan sebelum memilih jenis dan ukuran banner yang akan digunakan.

Tujuan dan Fungsi Banner

Ada berbagai tujuan dari penggunaan banner, di antaranya adalah:

  1. Meningkatkan Brand Awareness - Menampilkan banner pada situs web yang sesuai dengan target audiens dapat membantu perusahaan meningkatkan brand awareness. Ini akan membantu perusahaan memperkenalkan produk atau layanannya ke audiens dan membangun relasi dengan mereka.
  2. Menarik Perhatian Audiens Banner yang menarik dan memiliki desain yang baik akan menarik perhatian audiens. - Ini akan membantu memastikan bahwa audiens memperhatikan produk atau layanan yang ditawarkan dan membuat mereka tertarik untuk mengetahui lebih lanjut.
  3. Menguatkan Brand Image Banner yang menampilkan produk atau layanan yang berkualitas dan dengan desain yang baik akan membantu perusahaan menguatkan brand image. Ini akan membantu memastikan bahwa audiens memiliki pandangan positif tentang perusahaan dan produk atau layanannya.
  4. Menguatkan Reputasi Online - Menampilkan banner pada situs web yang sesuai dan terpercaya dapat membantu perusahaan menguatkan reputasi online. Ini akan membantu memastikan bahwa audiens memiliki pandangan positif tentang perusahaan dan memperkuat hubungan dengan mereka.
  5. Menguatkan Trafik ke Situs Web Banner yang mengarahkan audiens ke situs web perusahaan dapat membantu meningkatkan trafik ke situs web. Ini akan membantu perusahaan memperkenalkan produk atau layanannya ke audiens dan membantu mereka mencapai tujuan mereka.
  6. Menjual Produk atau Layanan Banner yang menjual produk atau layanan secara efektif dapat membantu perusahaan menjual produk atau layanannya. Ini akan membantu perusahaan mencapai tujuan mereka dan memperkuat hubungan dengan audiens.
  7. Membuat Awareness Tentang Promosi Banner yang menampilkan informasi tentang promosi dapat membantu membuat awareness tentang promosi tersebut. Ini akan membantu mengundang minat pengunjung dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan.
  8. Meningkatkan engagement pengunjung: Banner yang menarik dan informatif dapat membantu meningkatkan engagement pengunjung dengan website.
  9. Meningkatkan loyalitas pelanggan: Dengan menawarkan promo atau diskon untuk pelanggan setia, banner juga bisa membantu meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap bisnis.
  10. Mempertahankan minat pengunjung: Banner juga bisa digunakan untuk mempertahankan minat pengunjung yang sudah ada. Ini bisa dilakukan dengan menawarkan promo atau diskon untuk pelanggan setia.
  11. Mengarahkan pengunjung ke halaman tertentu: Banner dapat digunakan untuk mengarahkan pengunjung ke halaman tertentu di website. Ini bisa dilakukan dengan membuat banner yang mengarahkan pengunjung ke halaman produk atau layanan tertentu.

Dengan menentukan tujuan yang jelas, perusahaan dapat membuat strategi iklan yang tepat dan memastikan bahwa penggunaan banner akan efektif dalam mencapai tujuan mereka.

Jenis-Jenis Banner Berdasarkan Bentuk dan Ukuran

Jenis-Jenis Banner Berdasarkan Bentuk

  • Banner Horizontal Banner horizontal adalah jenis banner yang memiliki bentuk yang lebar dan panjang. Banner ini biasanya digunakan pada halaman depan situs web atau pada bagian atas halaman situs web.
  • Banner Vertical Banner vertical adalah jenis banner yang memiliki bentuk yang tinggi dan sempit. Banner ini biasanya digunakan pada sisi kanan atau kiri halaman situs web.
  • Banner Square Banner square adalah jenis banner yang memiliki bentuk yang sama panjang dan lebar. Banner ini biasanya digunakan pada halaman produk atau halaman landing.
  • Banner Full Banner Banner full banner adalah jenis banner yang memiliki bentuk yang lebar dan tinggi. Banner ini biasanya digunakan pada halaman depan situs web atau pada bagian atas halaman situs web.
  • Banner Leaderboard Banner leaderboard adalah jenis banner horizontal yang memiliki bentuk yang lebar dan panjang. Banner ini biasanya digunakan pada halaman depan situs web atau pada bagian atas halaman situs web.

Pemilihan jenis banner yang tepat sangat penting untuk memastikan efektivitas iklan. Perusahaan harus mempertimbangkan tujuan iklan, target audiens, dan konteks penempatan sebelum memilih jenis banner yang akan digunakan.

Jenis-Jenis Banner Berdasarkan Ukuran

  • Banner Standar Banner standar memiliki ukuran yang paling sering digunakan dan paling umum, seperti 468 x 60 piksel atau 728 x 90 piksel. Ukuran ini sangat efektif untuk digunakan pada halaman depan situs web atau pada bagian atas halaman situs web.
  • Banner Microbar Banner microbar memiliki ukuran yang kecil dan sering digunakan pada bagian bawah halaman situs web. Ukuran seperti 88 x 31 piksel sangat efektif untuk digunakan sebagai tombol atau iklan link.
  • Banner Button Banner button memiliki ukuran yang kecil dan sering digunakan pada halaman produk atau halaman landing. Ukuran seperti 125 x 125 piksel sangat efektif untuk digunakan sebagai iklan produk.
  • Banner Skyscraper Banner skyscraper memiliki ukuran yang tinggi dan sempit. Ukuran seperti 120 x 600 piksel atau 160 x 600 piksel sangat efektif untuk digunakan pada sisi kanan atau kiri halaman situs web.
  • Banner Wide Skyscraper Banner wide skyscraper memiliku ukuran yang lebar dan tinggi. Ukuran seperti 300 x 600 piksel atau 320 x 50 piksel sangat efektif untuk digunakan pada halaman depan situs web atau pada bagian atas halaman situs web.

Pemilihan ukuran yang tepat sangat penting untuk memastikan efektivitas iklan. Perusahaan harus mempertimbangkan tujuan iklan, target audiens, dan konteks penempatan sebelum memilih ukuran banner yang akan digunakan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa banner adalah bentuk iklan yang sangat efektif dan memiliki banyak manfaat bagi perusahaan. Perusahaan harus mempertimbangkan tujuannya dan target audiens sebelum memilih jenis dan ukuran banner yang akan digunakan. Keberhasilan dalam memasang banner dapat meningkatkan brand awareness, mengarahkan traffic, dan membantu perusahaan mencapai tujuannya.

Posting Komentar untuk "Pengertian Banner Adalah: Arti, Tujuan, Fungsi, dan Jenis-Jenis Banner"