Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlukah Submit Blog Ke Situs Google dan Yahoo?

Di beberapa kesempatan blogwalking, saya menemukan beberapa blog yang membahas bagaimana terindeks Google dan Yahoo. Menurut saya uraian mereka bagus. Namun ada hal yang mengejutkan saya, karena mereka masih merekomendasikan untuk submit ke situs google.com/addurl dan submit.search.yahoo.com/. Jika saya mengulas masalah serupa, maka saya tidak akan merekomendasikan untuk submit ke 2 situs tersebut..

Perlukah Submit Blog Ke Situs Google dan Yahoo?

Karena Google dan Yahoo jelas-jelas mengumumkan bahwa blog yang di daftarkan akan terindeks setelah 6 atau 8 minggu (saya lupa spesifiknya berapa). Anda mau menunggu selama itu? Saya sih gak mau, karena dalam waktu selama itu tentu banyak yang bisa kita lakukan dari pada menunggu blog untuk terindeks.

Memang mereka tidak salah, kan memang tema posting-nya mengenai “cara terindeks Google dan Yahoo”, jadi men-submit ke ke 2 situs tersebut memang caranya. Namun bukan cara yang cepat. Saya punya banyak blog, dan semuanya terindeks di Yahoo pula Google, tanpa pernah saya mensubmit ke Google.com atau Yahoo.com, namun setiap saya meluncurkan blog baru saya menaruh linknya ke blog saya yang telah terindeks, kemudian tunggu saja 2,3 atau 4 hari kemudian pasti blog baru tersebut terindeks di Google. Jadi cara tercepat ialah melakukan tukeran link dan link satu arah, bukan dengan cara submit ke situs Google atau Yahoo.

Lalu kenapa menaruh link satu arah dan tukeran link lebih cepat dari pada submit langsung ke Google?

Untuk menjawabnya saya punya ilustrasi begini, jika anda saya perkenalkan ke teman saya, pastilah teman saya akan menyambut anda dengan ramah dan memberi perhatian kepada anda, karena dimatanya anda adalah teman saya, sehingga ia percaya bahwa anda orang baik-baik, karena teman saya percaya dengan saya. Lain halnya, jika anda sendiri memperkenalkan diri (tanpa saya), tentunya teman saya akan terkejut dan menunjukkan sikap waspada.

Begitupun reaksi Google disaat menerima blog yang muncul dihadapannya melalui submit langsung disitusnya. Google akan melihat blog tersebut dengan waspada dan menimbang apakah blog anda pantas untuk masuk ke databasenya. Lain halnya, jika blog baru anda di “bawa” oleh blog yang Google telah kenal (yang telah terindeks) maka Google akan dengan mudah mempercayainya dan mengindeksnya.

Begitulah kira-kira kenapa tukeran link dan link satu arah membuat blog lebih cepat terindeks daripada men-submit langsung ke situs Google.com dan Yahoo.com.

Posting Komentar untuk "Perlukah Submit Blog Ke Situs Google dan Yahoo?"