Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Dasar Belajar SEO Pemula untuk Google (Part 1)

SEO, atau Search Engine Optimization merupakan usaha yang dilakukan untuk membuat sebuah situs lebih SEO friendly. Maksudnya? Ya, membuat mesin pencari macam Google dkk agar mudah untuk menemukan dan mengindeks sebuah situs beserta kontennya kemudian menampilkannya di halaman pencarian mereka dengan tujuan mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin.

Panduan Dasar Belajar SEO

Mengapa harus melakukan search engine optimization? Jika dikatakan harus, maka jawabannya adalah tidak. Namun jika situs Anda ingin mendapatkan pengunjung dan memanfaatkannya, maka SEO adalah langkah wajib dalam nge-blog. Kita sama-sama tahu kan, halaman hasil pencarian search engine (SERP) itu ada berapa halaman? Bayangkan jika situs atau blog kita tidak muncul di halaman awal, atau bahkan sepuluh halaman awal search engine. Pastilah tidak akan ada atau sedikit pengunjung yang berkunjung ke situs atau blog Anda.

Jika Anda menjawab, "kan bisa direct visit (kunjungan langsung dengan mengetik URL domain di browser)?" Pertanyaannya, seberapa populer situs atau blog Anda sampai-sampai pengunjung bisa tahu alamat blog Anda? Ya, 60-80% pengguna internet menggunakan search engine untuk menemukan apa yang mereka cari di internet, bukan direct visit. Kalau situs atau blog Anda tidak 'bersahabat' dengan search engine apalagi merupakan situs atau blog baru bagaimana nasibnya? Anda tentu jawabannya. Hehe..

Dasar dari Search Engine Optimization adalah membuat situs 'bersahabat' dengan mesin pencari dengan berbagai usaha yang legal untuk memudahkan search engine menemukan, mengindeks, dan menampilkan situs kita beserta kontennya di halaman hasil pencarian dengan tujuan akhir mendatangkan visitor sebanyak-banyaknya.

Banyak pemilik situs atau blogger terutama para pelaku bisnis online yang menggunakan internet untuk memasarkan produk dan jasa mereka gencar melakukan SEO. Tujuannya jelas, agar semakin banyak pengguna yang menemukan produk dan jasa mereka kemudian membelinya. Tidak jarang pula yang rela merogoh kantung dalam untuk menggunakan jasa SEO.

Tapi tenang, Google sendiri sudah memberikan panduan SEO-nya untuk para webmaster. Sehingga kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukan optimasi SEO. Berikut panduan dasar belajar SEO pemula untuk Google.

Gunakan title tag yang baik untuk situs atau blog Anda.

Title atau judul adalah informasi awal yang dilihat oleh mesin pencari dalam mengindeks sebuah situs. Jadi, berikan informasi seakurat mungkin pada search engine. Berikan kesal awal yang baik dengan memberikan title yang mewakili isi blog Anda.

Gunakan title yang unik dan akurat yang tidak terlalu panjang dan tidak menumpuk keyword.

Jangan gunakan title yang tidak relevan dengan konten situs atau blog Anda.

Gunakan title yang berbeda setiap halaman situs atau blog Anda. Jika belum tahu caranya, silakan buka tutorial tentang cara memasang title tag.

Pentingnya Meta Description untuk SEO

Meta description dalam meta tag merupakan penjelasan singkat yang mewakili keseluruhan konten blog Anda. Gunakan keahlian merangkum yang Anda peroleh di bangku sekolah di sini. Hehe..

Hindari menggunakan meta deskripsi yang tidak mewakili apa isi situs Anda, sisipkan keyword-keyword dalam deskripsi tersebut agar lebih SEO friendly. Ingat, sisipkan bukan salin-tempel.

Gunakan meta description berbeda tiap halaman, terutama untuk posting artikel. Buka, cara memasang meta description berbeda tiap posting.

Gunakan struktur URL yang SEO Firendly

URL merupakan 'alamat' dari situs kita beserta setiap kontennya, permudah search engine untuk menemukan alamat setiap halaman dari situs atau blog Anda. Yang perlu diingat, URL ini juga ditampilkan dalam halaman hasil pencarian mesin pencari. Jadi, juga menjadi pertimbangan (calon) pengunjung untuk mengklik. Bandingkan: Seseorang yang sedang mencari referensi untuk 'membuat hidangan berbuka puasa' dengan bantuan search engine, kira kira mana yang dipilih untuk diklik http://domain1.com/articles/resep-sehat-berbuka-puasa.htm atau http://domain2.com/folder1/10245/aB/000122c.htm?

URL adalah alamat halaman dalam sebuah situs atau blog, permudah search engine menemukan alamat tersebut dengan memberikan alamat sejelas mungkin. Jika perlu tips, buka posting cara memilih URL artikel.

Gunakan directory atau letak artikel yang tidak dalam, contoh: http://domain.com/dir1/dir2/dir3/dir4/articles.htm.

Pilih huruf ketimbang angka dalam URL. Sisipkan keyword yang mewakili isi halaman dalam URL, tetapi jangan lebay. 

Perbaiki Navigasi Blog atau Situs Anda

Ya, inilah yang sering diabaikan oleh para blogger. Sediakan dua navigasi yang sama baiknya: satu untuk search engine dan satu untuk visitor. Bagaimanapun kenyamanan akan membuat dua faktor penting (search engine dan visitor) betah terus berkunjung ke situs atau blog Anda.

Rencanakan navigasi struktur situs atau blog sebelum membuat blog.

Gunakan navigasi menu yang baik di blog Anda untuk mempermudah pengunjung menemukan konten dari blog Anda, sortir berdasarkan label atau kategori konten.

Pasang breadcrumbs untuk memudahkan navigasi pengunjung dan search engine.

Buat dan gunakan dua sitemap, satu untuk search engine yang akan disubmit di webmaster dan satu untuk pengunjung yang dipasang di blog. Hati-hati memilih sitemap!


Posting Komentar untuk "Panduan Dasar Belajar SEO Pemula untuk Google (Part 1)"