Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Widget Contact Form di Blog Blogger

Setelah diambil alih oleh Google tahu 2003, Blogger semakin berkembang pesat. Pengembangan terus dilakukan dari mulai tampilan antar muka baru Blogger, integrasi Google + account, dan yang terbaru adalah Widget Contact Form yang dapat ditambahkan di sidebar blogger. Google secara resmi mengumumkan bahwa Widget Contact Form sudah dapat digunakan seutuhnya.

Cara Membuat Widget Contact Form di Blog Blogger

Apa itu Widget Contact Form? 

Sebelum saya menjelaskan apa itu Widget Contact Form, ada baiknya Anda melihat demonya terlebih dahulu Widget Contact Form yang dipasang di blog neftori di sidebar kiri.

DEMO Widget Contact Form

Sepertinya Anda sudah paham, jadi langsung saja saya share bagaimana cara membuat Widget Contact Form di Blog Blogger.

Fungsi Widget Contact Form di Blogger

Fungsi Widget Contact Form di Blogger ini sama seperti kolom komentar. Hanya saja, pesan disampaikan langsung ke email dari pemilik blog. Widget Contact Form di Blogger ini sangat bermanfaat apabila si pemilik blog ingin mendengar masukan atau saran dari pengunjung blog untuk pengembangan blog dengan tetap ingin menjaga privasi pengirim pesan dan pemilik blog, karena pesan hanya bisa dibaca oleh pemilik blog. 

Pesan yang dikirim oleh pengunjung akan secara otomatis masuk ke email akun Google pemilik blog.

Bagaimana Cara Membuat Widget Contact Form di Blog Blogger?

Untuk membuat Widget Contact Form di Blogger ini tidak susah, kita tidak perlu mencari atau membuat kode-kode HTML atau java script untuk memasangnya.

  1. Login ke akun Blogger
  2. Tata Letak atau Layout, lalu Tambahkan Gadget (disarankan pilih bagian sidebar kanan/kiri)
  3. Pilih tab bagian More Gadgets atau Gadget lainnya
  4. Bagian pertama ada tulisan Contact Form
  5. Muncul kotak dialog baru, atur judul sesuai keinginan Anda. Contoh: Contact Us, dll atau bisa dikosongkan.
  6. Save

Fitur Widget Contact Form di Blog Blogger

Tidak berbeda dengan contact form lainnya, Widget Contact Form di Blogger ini memiliki tiga bagian penting yaitu Nama, Email, dan Isi Pesan. Tampilan Widget Contact Form ini memang sederhana, sehingga memudahkan user untuk menggunakannya. Yang disayangkan, tampilan Widget Contact Form di Blogger ini terkesan terlalu sederhana, sehingga terkesan tidak menyatu pada blog yang telah menggunakan template custom.

Kekurangan lain dari Widget Contact Form di Blogger ini adalah tidak support dengan kode Captcha, sehingga email kita rentan terkena spam. Sepertinya dalam waktu ke depan Google akan terus mengembangkan Widget Contact Form di Blogger ini.

Cara Menggunakan Widget Form di Blog Blogger

Untuk mengisi Widget Contact Form di Blogger ini, nama pengguna boleh dikosongkan bertujuan untuk menjaga privasi, tetapi tetap wajib mengisikan email untuk menjaga tidak ada pesan spam.  Dibagian isian pesan, juga harus diisi. Silakan diisi sesuai pesan yang ingin disampaikan ke pemiliik blog. 

Kesimpulan Widget Contact Form di Blogger

Dengan adanya Widget Contact Form di Blogger ini, kita tidak perlu kembali menggunakan contact form yang ber-hosting dari luar yang belum tentu terjamin kerahasiaannya. Widget Contact Form di Blogger ini telah terhosting oleh blogger sendiri jadi lebih mudah, sederhana, lebih cepat. dan tentunya lebih privasi.

Memang masih perlu adanya pengembangan lebih lanjut, melihat adanya beberapa kekurangan seperti tampilan desain dan tidak adanya kode captcha pada Widget Contact Form ini.

Sekian review dan share saya mengenai Widget Contact Form di Blogger ini, mohon koreksinya apabila ada kesalahan review. Semoga bermanfaat.

Terimakasih atas kunjungan Saudara.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Widget Contact Form di Blog Blogger"