Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membangun Blog Yang Populer

Mengapa beberapa blogger memiliki semua traffic dan lainnya beruntung jika mereka memiliki sekitar 10 pengunjung per hari? (Mungkin termasuk saya dan Anda)

Anda sudah menulis konten untuk blog Anda, namun karena tidak ada atau sangat sedikit yang membaca, anda merasa seperti menghabiskan waktu saja.

Cara Membangun Blog Yang Populer

Mungkin inilah yang saya rasakan dan mungkin juga Anda rasakan. Hanya memperoleh sedikit pengunjung perharinya sedangkan Blogger-blogger lainnya bisa mendapat pengunjung yang sangat banyak. Untuk itulah saya menulis artikel ini. Mungkin Blog saya juga saat ini belum populer, namun semoga artikel ini bisa memberi pandangan dan pencerahan pada Anda yang kebetulan mampir di blog ini.

Semua blog tidak dibuat sama. Seorang Blogger, “Guy Kawasaki” memulai sebuah blog dan beberapa bulan setelah peluncurannya dia telah mendapat lebih dari 4.000 pembaca harian. Jadi, apa yang membuatnya berbeda?

Dia adalah seorang penulis dan pembicara bisnis yang terkenal, jadi dia mempunyai manfaat besar bagi blogger lainnya, sehingga media menyebarkan berita mengenai dia dan blognya.

Kemungkinan Anda tidak memiliki kemampuan yang sama seperti Guy. Saya sendiri tidak, saya harus bekerja keras untuk memperoleh traffic bagi blog saya.

APAKAH ANDA TAHU BAGAIMANA CARA MEMASARKAN?

Blogging itu seperti mencetak majalah atau “fanzine” Anda sendiri. Pertama anda harus bekerja keras, mengumpulkan koleksi artikel, gambar dan konten lainnya lalu mempublikasikan artikel Anda secara rutin.

Namun apa yang membuat banyak Blogger gagal? Anda menghasilkan konten yang bagus, original dan menarik. Tapi ternyata belum juga menghasilkan keuntungan yang berarti. Apa yang salah? Penyebabnya adalah Anda tidak tahu bagaimana cara MEMASARKAN Blog Anda.

Kebanyakan blogger tidak tahu di mana tempat terbaik untuk menghasilkan traffic dan cenderung menggunakan taktik “senapan”- menembak semena-mena kesegala arah menggunakan metode acak yang memungkinkan tanpa memikirkan metode yang lebih “smart” untuk menghasilkan traffic.

Tidak ada metode. Tidak ada proses.

START di awal

Langkah pertama untuk membangun traffic blog adalah menerima kenyataan bahwa anda harus “bekerja” untuk menghasilkan traffic. Tidak ada seorang pun yang akan melakukannya untuk Anda. Tidak ada seorang pun yang akan membantu Anda. Blog Anda masih bayi dan Anda Anda adalah orang tua tunggal, bertanggung jawab atas pertumbuhannya.

Apakah Anda setuju akan hal tersebut? Apakah Anda mau menerima beban?

Ya? Bagus! Oke, mari kita bergerak maju.

Memulai membangun traffic Blog, mirip seperti majalah, dengan menciptakan sesuatu yang bernilai untuk dibaca. Anda tidak mungkin mempublikasikan “majalah” Anda jika hanya ada satu atau dua artikel di dalamnya.

Bahkan sebelum kita berbicara tentang menemukan pembaca untuk blog Anda, tanyakanlah apakah pengunjung akan membaca blog Anda setelah mereka ada disana?

Apakah blog Anda menarik? Apakah Anda memiliki banyak konten? Apakah Anda tahu apa itu konten yang bagus?

Ambil sisi baik dari blog Anda dan periksa apakah konten awal Anda cukup layak untuk menangkap dan mempertahankan perhatian pembaca. Disinilah pentingnya Anda menciptakan konten-konten yang berkualitas.

Baik, untuk awalan nyalakan “tombol on” blog Anda, jangan pikirkan traffic dulu, duduk tenang dan mulailah menulis.

Tentang Anda

Siapa Anda? Apa motivasi Anda blogging? dan mengapa

Orang ingin membaca blog Anda? Apa yang bisa Anda berikan untuk mereka?

Bicara tentang MANFAAT untuk pembaca, BUKAN fitur blog Anda.

Halaman Kontak Anda

Anda memerlukan halaman kontak karena ingin memberi kemudahan bagi pembaca untuk berhubungan dengan Anda. Jika mungkin, termasuk gambar senyuman wajah Anda pada halaman kontak, untuk membuat blog Anda lebih pribadi.

Berikut beberapa macam kontak yang bisa Anda sertakan:

- Nomor telepon (jika Anda merasa nyaman dengan ini)

- Alamat surat

- Skype, MSN Messenger atau Google talk

- Facebook atau MySpace profil

- Twitter, StumbleUpon atau Digg profil

Anda dapat menempatkan apapun yang membuat anda merasa nyaman kepada publik di halaman kontak.

Artikel Pillar

saya akan memberi sedikit gambaran mengenai Artikel Pillar yaitu: SOLID artikel.

Sesuatu yang penting. Sesuatu yang bernilai yang mengajarkan pembaca Anda tentang sesuatu yang relevan dengan topik blog Anda. Tidak hanya artikel-artikel yang diposting dari situs-situs lain (Istilahnya copy paste). Ini adalah konten ORIGINAL dari Anda.

Harus kreatif, harus menarik, menginspirasi, tunjukkan elemen-elemen ini melalui artikel blog Anda.

Membangun Fondasi Awal

Apakah Anda tahu apa itu pre-launch?

Pre-launch adalah apa yang anda lakukan sebelum anda “meluncurkan” blog Anda. Anda mengambil tindakan tertentu dan mengatur dasar-dasar blog Anda sebelum mempublikasikannya ke orang lain.

Tujuan dari pre-launch adalah agar Anda tidak menghabiskan waktu memasarkan blog untuk membangun traffic sebelum ada sesuatu yang menarik di sana. Tidak ada gunanya mencoba untuk menjual buku yang kosong. Walaupun Anda berusaha mati-matian untuk membangun traffic, pengunjung yang datang akan segera pergi dan tidak akan mengingat Blog Anda jika tidak ada sesuatu yang menarik perhatian mereka.

Anda tidak boleh hanya memikirkan traffic pada bulan pertama Blogging. Blog Anda memang sudah online, tapi lebih baik jika orang tidak mengetahuinya sampai Anda menciptakan sesuatu yang menarik dan menguntungkan pembaca. Setelah konten sudah mantap dan segala kegiatan Pre-launch selesai, maka anda dapat secara resmi “meluncurkan” blog Anda.

Bekerja serius pada pre-launch akan membuat Anda percaya diri ketika mulai

membangung traffic dan menarik pembaca-pembaca baru Anda agar betah berlama-lama di blog Anda dan tidak sekedar “numpang lewat” semata.

Posting Komentar untuk "Cara Membangun Blog Yang Populer"