Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Page Rank? Apa Dampak Page Rank pada Blog?

Apa itu Page Rank?

Page Rank, sebuah kata yang begitu populer di kalangan blogger. Semua berlomba-lomba untuk mendapatkan page rank setinggi-tingginya. Lalu, apa page rank itu? Apa pengaruh page rank terhadap sebuag blog? Page rank? Apa pengertian page rank dan apa dampak page rank terhadap sebuah blog, bagaimana cara mengukur page rank blog semua akan coba saya bagikan.

Apa itu Page Rank

Seperti halnya sekolah, blog juga mempunyai peringkat atau ranking berdasarkan sebuah ukuran. Jika di sekolah ranking ditentukan oleh prestasi, blog juga demikia. Namun ranking sebuah blog ditentukan seberapa populer blog tersebut, biasa disebut Page Rank.

Page Rank adalah fitur yang disediakan oleh Google untuk menentukan kepopuleran/ penting tidaknya sebuah website/ blog, yang isinya berupa algoritma yang memusingkan.

Bagaimana Cara Kerja Page Rank?

Page Rank kita akan meningkat apabila  semakin banyak website/ blog lain yang meletakkan link blog kita, baik itu berupa link langsung (link home) maupun link tak langsung (link halaman atau artikel). 

Sederhanya, bila link blog kita berada di mana-mana maka Google akan semakin sering mengindeks alamat (URL) blog kita. Dengan demikian, Google mengenali blog kita adalah blog yang populer karena menjadi rujukan bagi banyak website/ blog lain. Dengan demikian semakin meningkatlah Page Rank kita. Page Rank mempunyai skala 1 sampai10, semakin besar semakin populer.

Bagaimana Search Engine Google Menentukan Page Rank Blog Kita? 

Banyak faktor yang digunakan oleh search engine Google dalam menentukan Page Rank sebuahwebsite/ blog. Mulai dari isi website/ blog, penggunaan meta tag, penekanan konten, dana masih banyak teknik lain. 

Dalam menentukan Page Rank sebuah website/ blog, search engine Google menggunakan pendekatan Link popularity. Link popularity dihitung dari inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman website/ blog. Ya, bisa jadi setiap halaman di website/ blog kita mempunyai Page Rank yang berbeda, tergantung dari link popularity tersebut.

Seperti Apa Perhitungan Algoritma Page Rank?

Lawrence Page dan Sergey Brin selaku pemilik Google, merumuskan algoritma dasar untuk menentukan Page Rank sebuah website/ blog sebagai berikut. Ini hanya dasar, pengembangan terus dilakukan oleh Google dalam menentukan Page Rank.

PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) ) atau

PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )

PR(A)    :  Pagerank halaman A

PR(T1)  :  Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A

C(T1)     :  Jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1

d             : Damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.

N            :  Jumlah keseluruhan halaman web (yang terindex oleh google)

Dari pada kita semakin pusing untuk mengurusi urusan Google dalam menghitung Page Rank sebuah website/ blog, lebih baik kita berpusing-pusing ria untuk meningkatkan Page Rank website/ blog kita. Lalu, apa saja tips yang dilakukan untuk meningkatkan Page Rank website/ blog kita dengan cepat? Sepertinya saya sudah menuliskan artikel bagaimana cara menaikkan Page Rank dengan cepat, jadi tidak perlu saya panjang lebarkan di sini.

Apa Dampak Page Rank pada Blog?

Page Rank lu tinggi, terus gue harus bilang wow gitu?! Mungkin Anda harus segera bilang Wow! jika tahu apa dampak yang didapat dari Page Rank tinggi.

Page Rank Tinggi = Kepopuleran

Semakin tinggi Page Rank website/ blog kita, semakin populer website/ blog kita. Itu tandanya tulisan kita dihargai dan diperlukan oleh banyak orang sehingga banyak dibagikan di website/ blog mereka. Dan tandanya lagi, tujuan utama blogger sejati telah tercapai: Sharing and Caring!

Page Rank Tinggi = Uang

Apa iya Page Rank tinggi bisa menghasilkan uang? Tentu saja! Seperti halnya seorang artis, semakin terkenal dia, semakin banyak jasa yang ditawarkan oleh produser, dari iklan sampai peran. Begitu juga website/ blog, semakin tinggi Pag Rank, semakin terkenal, dan semakin banyaklah iklan yang menawarkan diri untuk tampil di website/ blog kita. Tentunya iklan yang berkualitas dengan harga lebih  dari $100 bahkan lebih per bulannya.

Tidak hanya itu, website/ blog yang Page Rank nya tinggi mempunyai harga yang tinggi. Jika dijual tentu saja akan banyak menghasilkan uang. Jika tidak percaya, coba saja cek harga website/ blog kita.

Sepertinya hanya itu saat ini yang bisa saya bagikan tentang Apa itu Page Rank? Apa Dampak Page Rank pada Blog?. Lain kali saya update jika ada inspirasi. Hehe..

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apa itu Page Rank? Apa Dampak Page Rank pada Blog?"