Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips SEO Agar Blog Tidak 'Dimakan' Google Panda

Google Panda, sebuah algoritma google yang membuat banyak blogger menjadi pusing untuk melakukan Optimasi SEO sesuai algoritma tersebut. Saya tidak perlu menjelaskan seperti apa wujud Algoritma Google Panda, saya khawatir semakin membuat Anda pusing. Hehe. 

Tips SEO Agar Blog Tidak 'Dimakan' Google Panda

Pada intinya, Google Panda akan "memakan habis" artikel yang berkualitas rendah, spam, atau duplikasi. Jika website/ blog kita ketahuan oleh si Panda memiliki kualitas rendahan, spam-spam, bahkan konten diplikasi (copy-paste), jangan harap website/ blog kita muncul di search engine. Jadi jadilah blogger yang baik agar tidak "dimakan" Google Panda. Langsung saja, optimasi SEO Google Panda.

Google Panda, si pemakan spam, duplikasi, dan low quality blog

Memulai Blog dengan 5-10 Halaman

Untuk melakukan Optimasi SEO Google Panda tentu yang pertama kita lakukan adalah membuat blog dan mengisinya dengan artikel menarik. Lalu mengapa harus membuat minimal lima halaman? Sederhana saja, agar akses spider milik Google tidak terbatas pada halaman tertentu saja.

Seperti kita tahu, spider Google secara berkala akan meng-crawl website/ blog kita. Jika website/ blog kita hanya memiliki sedikit halaman, dan lebih parahnya tidak ada perubahan pada halaman tersebut karena kita jarang mengupdate, maka spider Google akan berhenti meng-crawl halaman website/ blog tersebut. Kenapa? Karena spider Google akan bosan dengan data yang sama setiap waktu, dan menganggap isi website/ blog adalah sama.

Sudah Terindeks? Update Blog dengan Konten Unik

Mengapa harus menunggu setelah diindex? Agar si Panda tidak terlalu berat dalam "menjamah" blog kita. Jika ada posting baru, tentu akan muncul di halaman awal blog kita, betul? Google Panda akan memprioritaskan meng-crawl posting baru tersebut. Karena letaknya di halaman awal blog, jadi kerja si Panda menjadi ringan.

Saya sarankan untuk mengupdate lima artikel baru setiap hari, atau jika tidak memungkinkan, sesuai kemampuan Anda. Yang penting setiap hari ada perubahan konten di blog kita.

Gunakanlah Judul H1 yang Unik di Setiap Konten Kita

Saat membaca artkel ini, apa yang Anda baca di tab browser Anda. Jika Anda melihat tulisan "Asyiknya Optimasi SEO untuk Algoritma Google Panda", maka itulah yang disebut judul H1 "unik". Anda tidak melihat judul blog saya di tab browser "Tips Blogspot | ...." di setiap kali Anda membuka masing-masing artikel, tetapi hanya muncul di halaman Home. Jika belum tahu caranya silakan baca tutorial  tentang cara mengganti judul blog.

Penting! Buatlah Sitemap

Sitemap sangat penting untuk sebuah website/ blog. Sitemap meembantu Googe Panda untuk meenjelajah lebih jauh isi blog kita dan halaman apa saja yang ada dalam blog kita. Jika belum tahu bagaimana cara membuat sitemap, silakan dibuka link nya.

Submit Sitemap di Webmaster Tools

Submit sitemap di Webmaster Tools mempercepat blog kita didatangi oleh si Panda, ibarat kata kita menjemput bola, buka menunggunya. Jika sudah login di akun Google kita, silakan buka Webmaster Tools  Sitemap. Lebih lengkapnya, silakan dibuka cara submit sitemap.

Demikian cara blogging menurut Google Panda agar blog kita terindeks dan tidak "dimakan habis" oleh si Panda. Semoga bermanfaat, silakan di share dan tinggalkan komentar apabila ada yang ingin berbagi.

Posting Komentar untuk "Tips SEO Agar Blog Tidak 'Dimakan' Google Panda"