Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Trik Blog: Rahasia Sukses dalam Blogging

Beberapa waktu yang lalu saya membaca sebuah ebook yang menarik tentang blog. Di situ dungkapkan bagaimana blog bisa sukses serta contoh-contoh blog yang sukses dengan traffic yang luar biasa dan ribuan dollar setiap bulannya. Dari situ saya terinspirasi untuk membagi apa yang saya dapat dari ebook karya Darren Rows dan Chris Garret tersebut.

Tips dan Trik Blog

Apa itu Sukses dalam Blogging ?

Apa yang yang kita maksud dengan "sukses"? Akan berbeda oleh setiap blogger dalam mengartikan sukses. Sukses bisa berupa ketenaran, pendapatan, penjualan, ukuran penonton, dan lainnya. 

Rumput tetangga terkadang memang lebih hijau, dan itu seharusnya jadi meotivasi kita untuk lebih menghijaukan rumput kita. Carilah blog-blog yang memiliki tema sama dengan kita yang sudah memiliki pengunjung lebih banyak dari kita, ambil pelajaran dari sana. Mengapa blog itu bisa sukses? Biasanya yang menjadi kunci adalah usia blog, frekuensi isi, kualitas isi, dan peran serta media sosial. 

Usia Blog Mempengaruhi Peringkat di Search Engine

Pada buku tersebut diungkapkan bahwa  usia rata-rata satu blog yang paling sukses adalah 33,8 bulan. Pelajaran pertama yang dapat diambil adalah: blogging bukan jalan pintas untuk menghasilkan uang, tetapi blogging adalah wadah berkarya dengan konsisten. Urusan uang dari blog adalah kunci, yang terpenting adalah konten kita termanfaatkan. Bukan tidak mungkin kita bisa meraih sukses dalam waktu yang lebih singkat, kuncinya: berusaha lebih keras.

Frekuensi Posting is trick of success

Analisis yang dilakukan, menunjukkan bahwa blog-blog sukses memposting banyak postingan pendek setiap hari. Para pemilik blog bekerja  dengan lebih keras dibandingkan pemilik blog lain. Terlebih diawal lahirnya blog, para blogger sibuk menjejali blognya dengan tulisan-tulisan. Tentunya yang berkualitas, original, dan konsisten. 

Hal itu masuk akal, semakin banyak posting kita publikasikan, semakin banyak kesempatan untuk link dan bagi pembaca untuk melihat Anda. Search engine juga suka untuk "menjamah" konten-konten baru yang original. 

Bila memang kesulitan melakukannya, lakukan bersama teman kita, undang penulis dari luar untuk menulis di blog kita. Tetapi berhati-hatilah, dalam banyak survei pada pertanyaan

tentang mengapa pembaca berhenti berlangganan, "postingan terlalu sering" biasanya menempati urutan tinggi. Jadilah blogger yang baik dengan keep original dan konsisten.

Trik Faktor Social Media sebagai  media promosi blog

Glen dari clickalite.com  menemukan bahwa 100 blog terbaik mempublikasikan tulisan-tulisan blog meraka Digg.com mencapai 8.000. Yang paling mengejutkan adalah bahwa lima blog teratas melakukannya 3.600 kali atau 45% dari total seluruh daftar.

Jelas blog akan menjadi lebih baik dengan baik di media sosial. Ibarat pemain sepakbola, blog tidak akan bisa bermain sendirian, mereka butuh teman satu tim, pelatih, fisoterapi, dan lainnya.

Dalam perkembangannya, penggunaan Social Bookmark menjadi pilihan. Selain tentu saja traffic yang bertambah, kita bisa mendapat backlink dari Social Bookmark dofollow baik dari dalam maupun luar negeri. Ada beberapa Social Bookmark dofollow di Indonesia yang kita bis a gunakan untuk mempromosikan blog kita. Diantaranya: listas.me, indonesiabookmark, dan infogue. Tidak perlu mengejar banyak posting-an di Social Bookmar, cukup 2-3 cukup, asal konsisten. Banyak tidak masalah, asal kita kuat. Hehe..

Menghasilkan Uang dari Blog

Sebagian besar blog yang sukses memuat iklan, dengan tiga per empatnya menggunakan Google AdSense.

Perlu diingat bahwa blog yang dihargai oleh pengiklan adalah blog dengan traffic yang sangat tinggi. Lebih lanjut bisa dibaca di sini: apa saja yang perlu dipertimbangkan sebeleum kita menguangkan blog kita. 

Apakah Bahasa yang dipakai dalam Blog mempengaruhi?

Bahasa blog juga berpengaruh dalam pengindeksan mesin pencari. Bahasa Jepang menduduki peringkat teratas dengan 37 persen, dan bahasa inggris dengan 36% di urutan kedua.

Ketika kita mengunjungi 100 blog terbaik, meskipun 80 persen ditulis dalam bahasa Inggris tidak menutup kemungkinan blog kita yang ditulis dalam bahasa selain inggris bisa terindeks di halaman pertama google. Tetapi ada baiknya kita mengganti bahasa blog kita menjadi bahasa Inggris. Atau ketika kita lebih nyaman dengan bahasa Indonesia, maka gunakan Bahasa Indonesia yang baik, karena mesin pencari hanya mengenal bahasa dalam kamus.

Demikian sharing dari saya tentang rahasia sukses dalam blogging. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Tips dan Trik Blog: Rahasia Sukses dalam Blogging"