Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog Muncul di Search Engine

Bagi setiap bloogger, muncul di Serach Engine seperti Google, Yahoo, dan kawan-kawan memiliki kebanggan yang sama dengan pesepakbola yang memperoleh Award Ballon D'Or. Apalagi bila muncul di halaman awal sebuah search engine, yummy! banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari sana. Mulai kepopuleran hingga uang dari jasa periklanan.

Cara Membuat Blog Muncul di Search Engine

Namun, tidak susah-susah gampang membuat blog kita muncul di search engine. Perlu usaha keras untuk melakukannya. Tentu saja, untuk memperoleh ikan yang bagus, diperlukan umpan yang bagus pula. Saya katakan tidak mudah, tetapi buka tidak mungkin.

Ada banyak cara yang bisa ditempuh oleh seorang blogger untuk membuat blog muncul di serach engine. Yang penting muncul dahulu, urusan masuk page pertama itu bisa diusahakan dengan berbagai cara SEO Blog. Untuk kali ini, saya sharing tipsnya untuk Google, search engine terbesar di dunia internet. 

Cek Alamat URL Blog

Ketikkan alamat URL blog kita di serach engine Google. Seharusnya, jika kita ketikkan alamat URL blog kita di google search, blog kita akan muncul di halaman pertama. Karena kata kunci berupa URL sudah sangat spesifik untuk dicari.

Jika ternyata belum muncul, berarti blog kita belum terindeks di Google, daftarkan blog kita di http://google.com/addurl. Tidak ada usaha yang hasilnya instan, perlu waktu untuk Google mengindeks blog kita. 

Jika Blog sudah ada di search engine tetapi tidak di halaman satu?

Jika ternyata saat kita cek memunculkan hasil tetapi belum berada di halaman pertama, berarti blog kita sudah terindeks serach engine Google tetapi masih kalah bersaing dengan jutaan blog lain. Lakukan tip SEO Blog untuk membuat blog kita muncul di serach engine.

Berikut tips SEO Blog dasar yang bisa kita praktikkan. 

Mengganti Judul/ Title Blog 

Saat pertama kali membuat blog, kita diminta untuk memberikan judal dan deskripsi blog. Judul/ title  blog sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap hasil pencarian di search engine. Cermatlah dalam memilih judul blog dan memberikan deskripsi blog kita. 

Pilih judul blog yang sesuai dengan tema blog kita, apa isi blog kita. Jangan terlalu panjang atau terlalu pendek. Maksimalkan judul blog dengan memaksimalkan H1. Lalu jika sudah terlanjur dibuat bagaimana? Tenang saja, masih bisa diganti kok. Bisa disimak tutorial saya tentang mengganti judul blog untuk tips SEO Blog.

Pentingnya Judul/ Title Postingan

Seperti halnya dengan judul/ title blog, judul/ title postingan juga memiliki efek dahsyat dalam memaksimalkan blog kita muncul di search engine. Sebagian besar blog yang muncul di serach engine adalah karena judul postingannya. Jangan asal-asalan memilih judul blog. Posisikan diri kita sebagai seorang pengguna search engine, bayangkan kira-kira apa yang akan kita ketikkan di search engine untuk membaca artikel kita.

Mengupdate Blog secara Rutin

Membaca blog bisa diibaratkan seperti menonton televisi. Bila kita menonton jenis tayangan yang sama dalam waktu yang lama tentu kita akan merasa bosan. Sesering mungkin suguhkan artikel baru  di blog. Tetapi ingat, jadilah blogger yang baik. Lakukan tips memikat pengunjung blog kita.

Update yang kita berikan tentu saja update yang original, lakukan tips menulis untuk SEO agar tulisan kita maksimal. Ingat, search engine juga akan bosan mengindeks tulisan yang sama setiap waktu (copy-paste), dan bisa saja menganggap kita spam. Bila ingin membagikan artikel orang lain di blog kita, lakukan perubahan dengan gaya bahasa kita sendiri dan jangan lupa mencantumkan identitas blogger yang tulisannya kita sunting.

Mempromosikan Blog

Mempromosikan blog menjadi hal wajib dalam dunia blogger. Lakukan promosi dengan membangun backlink, mendaftar di alexa, dan mengatur feed blog pada feedburner. Ketiganya menjadi dasar promosi blogging yang membuat spider search engine menemukan blog kita.

Rahasia

Tips membuat blog muncul di search engine di atas tidak menjamin blog kita langsung muncul di search engine. Sering-seringlah meninggalkan "jejak" berupa alamat (URL) blog kita di situs lain. Bisa berupa komentar di blog lain terutama blog-blog do follow, bertukar link, thread di kaskus, profil di facebook, prodil di twitter dan profil jejaring sosial lainnya. Lakukan di situs lain yang sudah terindeks google, terutama yang sudah populer. Dengan begitu, kita sudah menempel pamflet blog kita di berbagai tempat, dan tinggal menunggu search engine menemukan blog kita. Tentunya, tetap konsisten!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog Muncul di Search Engine"