Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Dashboard Blog Tampilan Baru

Apa itu Dashboard?

Seperti halnya bayi yang baru lahir, blog baru pun perlu dirawat agar mencapai tujuan yang kita inginkan. Untuk yang pertama blogging, perkenalkan, Anda akan akrab dengan Dashboard. Jika selama ini Anda hanya tahu tampilan website/ blog secara jadi, jika Anda mengelola website/ blog kita harus akrab dengan Dashboard.

Mengenal Dashboard Blog Tampilan Baru

Dashboard, merupakan sebuah halaman web dimana kita me-manage/ mengatur blog, meliputi seluruh pengaturan, Penulisan artikel, memanage komentar, melakukan penataan tempat, mempercantik halaman blog, dan lain sebagainya. Dashboard, dasbor, deshbot, begitu nama lain sang Dashboard.

Dalam mengelola sebuah blog baru, setidaknya ada delapan menu yang harus segera kita kuasai untuk apa fungsinya, dan bagaimana efeknya terhadap performa blog kita.

Ikhtisar/ Summary

Ikhtisar/ Summary merupakan gambaran umum yang menyajikan data tentang blog kita setiap hari (Up to Date) meliputi pembaharuan, komentar yang menunggu untuk di moderasi, jumlah komentar yang diterbitkan, Penayangan hari ini, jumlah artikel yang ada dalam blog kita, hingga jumlah pengikut blog kita. 

Pos/ Post

Merupakan menu untuk kita memanage artikel/ postingan, meliputi penulisan artikel baru, jumlah komentar untuk setiap artikel, berapa banyak artikel tersebut ditampilkan untuk dibaca oleh pengunjung blog kita, siapa yang menulis artikel tersebut, hingga informasi tanggal kapan artikel dibuat.

Laman/ Page

Laman, merupakan halaman mandiri yang disediakan oleh blogspot, anda dapat membuat laman yang nantinya bisa anda gunakan sebagai halaman statis, Laman sering di fungsikan sebagai halaman statis untuk menu Tentang kami, Hubungi, Site Map, Tukar Link, dsb.

Komentar/ Comment

Sesuai dengan namanya, menu ini di gunakan untuk memanage komentar, apabila ada komentar yang masuk di blog anda, untuk menampilkan komentar tersebut atau tidak, anda akan menggunakan menu ini.

Google+

Ini adalah salah satu perbedaan dashboard tampilan lama dan baru. Ada integrasi antara akun Google+ kita dengan akun Blogger yang keduanya milik Google.

Statistik/ Statistical

Statistik adalah menu yang menampilkan data pengunjung blog, anda dapat melihat data pengunjung menurut  hari, dan bulan. Menu statistik di bagi menjadi 4 sub menu lagi, yaitu :

Ikhtisar/ Overview

Meliputi jumlah penayangan seluruh artikel di blog, dari penayangan hari ini, kemarin, bulan lalu, dan jumlah total penayangan artikel blog sejak pertama kali di buat.

Pos/ Post

Menampilkan statistik berdasarkan artikel, yaitu artikel mana saja yang sudah dilihat oleh pengunjung.

Sumber lalu lintas/ Traffic Sources

Merupakan sub menu yang menampilkan dari mana asal pengunjung sehingga dapat menemukan dan membaca artikel kita, apakah dari mesin pencari, atau dari jejaring sosial, atau dari tempat lain.

Pemirsa/ Audience

Menampilkan statistik pengunjung menurut browser yan digunakan untuk mengakses blog kita, kemudian menggunakan sistem operasi apa, windows kah, atau linux,atau mac OS, juga berasal dari negara pengunjung tersebut

Tata Letak / Layout

Menu tata letak, merupakan rancangan tampilan blog anda, mau berbentuk tampilan seperti apa blog anda, ya diatur di tata letak, fitur-fitur seperti artikel terpopuler, komentar terbaru, FB like box, dirancang dimenu tata letak ini.

Template

Template merupakan sebuah File, yang merupakan penyusun tampilan blog kita, tampilan blog dapat disesuaikan sesuai dengan kemauan kita dengan memodifikasi kode template, template blogspot biasa nya disusun dengan kode HTML dan CSS. 

Setelan/ Suit

Menu setelan (Pengaturan), Dibagi menjadi enam sub menu yang meliputi, Dasar, Pos dan Komentar, Seluler dan Email, Bahasa dan pemformatan, Preferensi penelusuran, dan lainnya.

Silakan diekspolr sendiri karena memang sengaja tidak dibahas mendetail fungsi dari ke-9 menu Dashboard di atas. Jangan takut salah, karena semua di Dashboard bersifat fleksibel dan dapat diubah-ubah. 

Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Mengenal Dashboard Blog Tampilan Baru"