Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu SSD ? Apa Fungsinya Dan Keunggulannya Pada Laptop/PC Anda?

 Apa itu SSD ? Apa Fungsinya Dan Keunggulannya Pada Laptop/PC Anda?

Pixabay.com/pagefact

Solid State Drive( SSD) merupakan fitur penyimpan data yang memakai serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk keperluan menyimpan data ataupun informasi. Sebagai analogi, kita mungkin tidak asing lagi dengan USB Flash Drive ataupun USB Thumb Drive ataupun USB memory stick. Suatu perlengkapan elektronik yang kita pakai buat menyimpan data, yang kerap dibawa ke mana- mana, yang dicolokkan pada halte USB pc dikala mau mengambil ataupun menyimpan data.

SSD dapat dikira selaku tipe mutahir dari USB Flash drive dengan kapasitas yang jauh lebih besar serta berperan selaku pengganti Hardisk yang baru digunakan pada fitur pc saja. Jadi SSD merupakan fitur elektronik yang berperan menyimpan data semacam hardisk( HDD: Hard Disk Drive) tetapi konstruksinya semacam USB Flash Drive, yang tersusun dari sebagian IC seperti memori.

Seperti halnya USB Flash Drive, SSD juga tidak mempunyai komponen yang bergerak di dalamnya. Data ataupun informasi cuma ditaruh di dalam microchips. Berbeda dengan Hardisk yang mempunyai lengan mekanik yang bergerak ke sana sini yang dibuat untuk menulis serta membaca data di atas piringan magnetik. Perbandingan ini membuat SSD bekerja jauh lebih kilat dari pada Hardisk. Hardisk( HDD) bergerak secara mekanik buat mangambil serta menyimpan data ataupun Informasi, sebaliknya SSD bergerak secara elektrik buat menyimpan serta mengambil data ataupun informasi. Pasti SSD bekerja lebih kilat dibanding dengan HDD.

Pada umumnya SSD memakai flash memori berbasis NAND ,Ini adalah tipe memori Non- Volatile. Sederhananya, Non- Volatile berarti memori tersebut senantiasa dapat menyimpan data meski tegangan suplai nya dimatikan. Ini adalah prinsip dasar dari suatu memori permanen semacam halnnya USB Flash drive.

SSD sediakan kinerja yang sangat optimal disaat booting serta kinerja baca/ tulis yang lebih besar buat menunjang komputasi yang membutuhkan kapabilitas multitugas yang lebih baik. Pada bagian inilah SSD membuktikan perbandingan yang sangat signifikan. Kecepatan baca tulis SSD apalagi 8 kali lebih kilat dibandingkan dengan HDD. Komputer yang terpasang SSD bisa melewati proses booting dalam hitungan detik, nyatanya tidak melebihi 1 menit. Sebaliknya waktu yang diperlukan HDD lebih lama bergantung dengan spesifikasi, dan sudah dipastikan tidak akan lebih kilat apabila dibandingkan dengan kinerja memori tipe SSD ini

Salah satu aspek penyebabnya adalah karena SSD tidak memakai piringan berbalik ataupun aspek mekanik yang ada pada HDD yang sangat membatasi kinerja elektronik dari HDD itu sendiri.

Pada awal mulanya, banyak orang yang meragukan ketahanan data yang tersimpan di dalam memori tipe ini. Orang orang hanya berpikir bahwa memori tipe ini hanya dapat menyimpan data untuk beberapa tahun saja. tapi pada faktanya tidak seperti itu, Dengan teknologi terbaru pada memori tipe ini akan memungkinkan para pengguannya untuk dapat menyimpan file dengan aman hingga 200 tahun. Semakin berkembangnya zaman orang orang sudah mulai mengerti dan akhirnya mereka lebih memilih drive ini dari pada HDD karena fungsinya yang lebih dari HDD.

Kesimpulannya

Drive ini lebih unggul daripada HDD, karena satu dan lain hal. Kecepatan Boot up saat menggunakan SSD lebih cepat dari pada saat menggunakan drive yang dinamakan HDD. Apalagi untuk penggemar game drive ini sangat cocok untuk kalian, karena dengan drive ini akan meningkatkan performa pc kalian saat memainkan game. Jadi, tidak ada salahnya kan anda mengganti HDD lama anda ke SSD untuk meningkatkan performa PC/Laptop anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang masih bingung tentang SSD. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Apa itu SSD ? Apa Fungsinya Dan Keunggulannya Pada Laptop/PC Anda?"