Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Template Blog Blogger dengan Mudah

Mempercantik Tampilan Blog dengan Mengganti Template Blog Blogger

Setelah membuat blog di blogger, blogger harus mempercantik tampilan blognya dengan mengganti template blog bloggernya. Mengapa kita perlu melakukannya? Sederhana, sama seperti manusia yang cantik, blog yang memiliki tampilan yang cantik tentu saja lebih disukai pengunjung daripada blog yang tampilannya tidak rapi dan terkesan asal tempel.

Cara Mengganti Template Blog Blogger dengan Mudah

Mengganti template blog blogger

sebenarnya sudah cukup untuk mempercantik blog. Banyak blogger yang 'terjerumus' dengan memasang bermacam-macam widget yang sebenarnya tidak perlu dipasang demi mempercantik blog. Hal itu malah akan menjadi boomerang karena hanya akan menjadikan blog berat untuk loading dan tidak user friendly. Selain itu terlalu banyak widget akan memperbanyak link keluar blog kita yang pastinya tidak baik untuk Optimasi SEO Blog.

Widget yang disarankan tidak perlu dipasang di blog:

  1. Widget jam dan kalender sangat tidak dianjurkan.
  2. Efek-efek salju, tulisan mengikuti mouse, animasi-animasi gambar di blog yang justru akan membuat tampilan terkesan 'norak'.
  3. Chatbox dan box-box melayang lain. Ini akan membuat loading menjadi berat karena blog harus me-load frame-frame di luar frame blog. Jika tetap ingin memasang chatbox, pasang di page blog tersendiri jangan  di home.
  4. Widget-widget yang banyak mengandung script dan link keluar, karena ada batasan link keluar di halaman home kita sebanyak 20 link, jadi berhati-hatilah jika tidak mau di banned Search Engine.
  5. Pesan saya, tidak usah frontal untuk mempercantik blog dengan berpikir 'saya harus memasang semua widget di blog agar saya dianggap hebat'. Angapan itu salah, malah kita akan terlihat 'newbie'. Pasang yang sekiranya kita dan pengunjung blog butuhkan tanpa mengurangi esensi Optimasi SEO Blog.

Saya kira cukup pengantar yang saya berikan, sekarang masuk ke tutorial cara mengganti template blog blogger dengan mudah.

Cara Mengganti Template Blog Blogger dengan Mudah

  1. Mend*wnl*ad Template Blog
  2. Pilih dan d*wnl*ad template blog yang kita inginkan. Saya sarankan pilih desain template yang sesuai dengan topik/ tema blog kita, dan gunakan template seo firendly karena akan mempermudah kita dalam melakukan Optimasi SEO Blog.
  3. Anda cukup mengetikkan 'd*wnl*ad template blog seo friendly' di Google dan Anda akan menemukan banyak template yang gratis untuk diunduh. Atau bisa kunjungi penyedia template kesukaan saya mastemplate.com. Tips memilih template blog:
  4. Sesuaikan desain dengan tema konten blog kita.
  5. Pilih yang SEO friendly, bisanya memiliki fitur: breadcumb, related post, valid html, optimasi meta tag, optimasi heading, tidak memasang iframe, loading ringan, responsive, dsb. Template SEO friendly membantu kita agar tidak pusing melakukan optimasi SEO blog di kemudian hari.
  6. File template yang di d*wnl*ad biasanya berupa namafile.zip. Klik kanan dan pilih Extract, kita akan menemukan file namafile.xml atau namafile.txt. 
  7. Mengganti Template Blog
  8. Setelah mend*wnl*ad template blog, saatnya memasang template blog. 

Auto Upload

  1. Login aku blogger
  2. Pilih Template, lihat di atas akan ada tombol Cadangkan/ Pulihkan, klik!
  3. Unduh Template Lengkap jika ingin mem-backup template lama kita, dan Browse file XML template kita dan pilih Unggah.
  4. Selesai.

Manual Upload

  1. Buka file namafile.xml atau namafile.txt kita dengan Notepad dan copy semua kodenya.
  2. Login aku blogger
  3. Pilih Template, Edit HTML
  4. Ctrl+A, Delete pada field yang tersedia, Ctrl+V
  5. Pilih Save.

Bagaimana, mudah bukan tutorial mengganti template blog blogger dengan mudah? Silakan dilanjutkan ke tutorial blog lain. Oh iya, saya sarankan jangan terlalu sering mengganti template blog karena akan membuat search engine mendeteksi kita sebagai blogger yang tidak baik, akan saya update tentang ini di tips selanjutnya. Cukup maksimalkan template yang kita punya.

Terimakasih atas kunjungan Saudara.

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Template Blog Blogger dengan Mudah"