Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melakukan Promosi Blog dengan Benar

 Bagaimana cara promosi blog? Mempromosikan blog menjadi kewajiban bagi blogger jika blognya ingin banjir pengunjung. Banyak blogger termasuk saya hampir frustasi karena sulitnya mendapat pengunjung yang banyak di blog. Sudah melakukan berbagai macam optimasi SEO onpage maupun offpage tetap saja pengunjung sepi. Jika itu juga terjadi pada Anda, maka sebaiknya jangan berputus asa dulu. Anda hanya belum tahu bagaimana cara melakukan promosi blog dengan benar.

Cara Melakukan Promosi Blog dengan Benar

Tips promosi blog yang saya share berikut menyita cukup waktu, tetapi saya kira sepadan dengan apa yang akan Anda dapat. Denga menggunakan cara promosi ini saya berharap agar bisa membantu anda dalam meningkatkan pengunjung blog anda.

Faktor yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Promosi

Bahasa Blog yang Dipromosikan

Bahasa Inggris masih menjadi bahasa blog yang mempunyai potensi pengunjung lebih besar dibandingkan bahasa lain. Karena memang bahasa inggris bahasa universal. Namun tidak perlu khawatir jika blog Anda menggunakan bahasa Indonesia. Asalkan konten berkualitas, melakukan promosi dengan benar dan melakukan optimasi SEO, saya yakin potensi pengunjung yang diberikan tidak akan kalah.

Tema Blog yang Dipromosikan

Saya menyarankan agar blog Anda mempunyai suatu tema yang khusus. Bukan berarti saya melarang tema campuran. Tema campuran saya pikir mempunyai potensi pengunjung yang lebih banyak karena konten blog mencakup semua kalangan. Hanya saja Anda perlu melakukan usaha ekstra untuk mempromosikan blog yang temanya campuran ini, karena pasar setiap artikel tentu saja berbeda. Untuk memperoleh tema apa yang kira-kira berpotensi mendapatkan banyak pengunjung, lakukanlah riset kata kunci (keyword).

Waspadai Promosi Blog Berlebihan

Promosi berlebihan yang dimaksud di sini adalah penanaman backlink yang membabi-buta. Pesan saya, jangan pernah tergiur dengan penanaman backlink gratis sampai ribuan. Itu tidak berguna, bisa-bisa blog Anda di banned Google. Pencarian backlink harus dilakukan secara natural. Artinya, grafik jumlah backlink yang ditanam harus meningkat, minimal konsisten. Gunakan anchor text bervariasi yang mengandung kata kunci blog Anda. Bila ingin berburu backlink, baca artikel cara mendapatkan backlink berkualitas. Perlu saya ingatkan juga bahwa menanam backlink merupakan bagian dari optimasi offpage yang sulit dilakukan bahkan oleh master sekalipun karena backlink merupakan teknik yang bergantung pada orang lain. Kuncinya, sabar dan konsisten.

Cara Mempromosikan Blog dengan Benar dan Gratis

Melakukan promosi blog bisa diibaratkan mempromosikan produk. Urusan berkunjung atau tidak, itu hak pengunjung blog. Yang terpenting kita melakukan promosi dengan benar dan tepat agar pengunjung tertarik. Jika sudah mengisi blog dengan artikel berkualitas serta melakukan optimasi SEO onpage, silakan promosikan blog Anda.

Promosi Lewat Facebook

Facebook masih menjadi primadona  jejaring sosial, dengan pengguna yang melimpah tentu akan menjadi sumber pengunjung yang baik. Tips mempromosikan blog lewat facebook.

Cari teman sebanyak mungkin. Jika tema blog Anda khusus, cari via grup yang membahas tema blog Anda. Jika tema blog campuran, lakukan secara acak.

Buat judul yang memprovokasi, tetapi tetap mempertahankan kata kunci.

Dari teman yang sudah mempromosikan blognya lewat facebook, potensi pengunjung yang diberikan bisa mencapai 200-500 orang per hari.

Promosi Blog Lewat Twitter

Twitter menjadi jejaring sosial terbesar kedua setelah facebook, tentu saja akan menghasilkan potensi pengunjung yang lumayan. Tips berpromosi dengan Twitter:

Tantangan terbesar tentu saja mencari follower, berbeda dengan Facebook, Twitter memungkinkan komunikasi satu arah saja. Tetapi jika konsisten, dalam 3-6 bulan saja follower Anda sudah cukup untuk media promosi blog.

Tema yang paling laris selain profil selebritis adalah kata-kata bijak dan motivasi, tips kesehatan, dan berita.

Promosi Lewat Google Plus

Pengguna G+ memang tidak sebanyak Facebook dan Twitter, tetapi karena Google Plus ini adalah milik Google, raja search engine ini menjaadikannya acuan terbesar untuk menentukan kepopuleran suatu blog. G-plus ini bukan jejaring sosial biasa, setiap share (plus) dari orang akan membantu memperbaiki ranking halaman berdasarkan kata kunci yang di-share tersebut.

Promosi Lewat Forum

Potensi pengujung yang diberikan melalui promosi ini memang tidak terlalu banyak kecuali jika Anda mau aktif di banyak topik. Namun, keuntungannya biasanya forum-forum merupakan website berumur dan bereputasi bagus. Hal ini menguntungkan untuk meninggalkan backlink daripada menanam backlink di blog yang masih seumur jagung. Bisa saja backlink yang Anda di forum terindeks lebih tinggi daripada backlink yang terindeks di blog-blog muda meskipun jumlah backlinknya lebih banyak.

Promosi Lewat Blogwalking

Blogwalking merupakan kegiatan jalan-jalan, mengunjungi blog dengan meinggalkan komentar di chatbox maupun posting. Lakukan observasi untuk memilih blog yang ramai, lihat chatboxnya. Jika pada hari itu ada banyak chat blogwalking lain, berati blog tersebut ramai. Cari sebanyak mungkin blog sejenis. Potensi pengunjung yang diberikan kkurang lebih  100-200 pengunjung. Selain itu, blogwalking juga berguna untuk menjalin silaturahmi antar blogger.

Promosi Lewat Social Bookmark

Keuntungan berpromosi dengan social bookmark tentu saja kepopuleran situs tersebut. Biasanya situs social bookmark memiliki pagerank yang cukup tinggi, dan umur yang cukup tua. Ini bisa menjadi keuntungan untuk menarik pengunjung yang cukup banyak, selain backlink tentunya. Ada banyak sekali social bookmark:

InfoGue. PR 4

Debuk. PR 2

Qaafe. PR 4

BeritaSaya. PR 1

Populerkan. PR 2

Bagikan. PR 1

SitusPortal. PR 3

Bookmark Indonesia. PR 2

Beritague. PR 3

BlogMarkit. PR 0

Plaza Berita. PR 1

Klowor. PR 1

JadiTerkenal. PR 0

BagiURL. PR 2

BeritaPilihan. PR 0

MyBlogPost. PR 1

SosBok. PR 0

Situsku PR 1

Tunden. PR 2

LenteraSEO. PR 1

Dofollow.web.id. PR 1

LintasanInfo. Pr 0

Ikutilah langkah-langkah promosi berikut

  1. Anda wajib memiliki akun, buatlah akun di social bookmark tersebut.
  2. Buat artikel yang akan dipromosikan, buat judul semenarik mungkin.
  3. Cek, apakah artikel baru Anda sudah terindeks Google dengan mengetik site:url ( contoh: site:http://tipsblogspot.com/2013/07/contoh-artikel.html ) di browser dan tekan enter.
  4. Jika artikel blog Anda sudah terindeks, silakan posting artikel Anda di social bookmark tersebut.
  5. Postingan Ada pada situs-situs social bookmark di atas bisa jadi terindeks lebih baik dari pada artikel yang diposting di blog Anda. Jadi jika situs social bookmark ini mendapat pengunjung dari Google, mereka akan mengarahkannya ke blog anda. Situs social bookmark ini juga ikut menyumbang backlink ke blog Anda.

Demikian tips melakukan promosi blog dengan benar. Saya yakin, usaha promosi di atas bisa membantu meningkatkan traffic pengunjung ke blog Anda.Saya ingatkan kembali bahwa mendapat pengunjung di blog bukanlah hal yang instan, perlu kerja keras dan konsistensi. Selamat berpromosi.

Terimakasih atas kunjungan Saudara.

Posting Komentar untuk "Cara Melakukan Promosi Blog dengan Benar"